Secangkir motivasi
untuk Sang Guru
Tujuan pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda
Untuk mendidik diri mereka sendiri seumur hidup mereka.
________________________________________
Pendidikan bukanlah sesuatu yang diperoleh seseorang,
Tapi pendidikan adalah sebuah proses seumur hidup
________________________________________
Apa yang ingin dipelajari murid
Sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan Guru
________________________________________
Bertindaklah seolah apa yang kau lakukan membuat perbezaan
Kerana kenyataannya memang begitu
Ajari murid-murid menggunakan bakat apapun yang mereka miliki.
Hutan akan sunyi jika yang berkicau hanyalah burung-burung yang paling merdu kicaunya
Kita cemas akan jadi apa anak kita nantinya. Namun kita lupa bahwa ia sudah jadi seseorang sekarang
________________________________________
Aku telah mencapai sebuah kesimpulan yang menakutkan bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas.
Pendekatan peribadikulah yang menciptakan iklimnya
Suasana hatikulah yang menghadirkan cuacanya.
Sebagai seorang Guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira.
Aku bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham, bisa bercanda atau mempermalukan, melukai atau menyembuhkan.
Dalam semua situasi, reaksikulah yang menentukan, apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda dan apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan.
________________________________________
Anak-anak di dalam kelas kita mutlak lebih penting daripada pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka
________________________________________
Aku seorang Guru
Guru adalah seorang pemimpin
Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku
Aku tidak berjalan di atas air
Aku tidak membelah lautan
Aku hanya mencintai anak-anak
________________________________________
Kau bisa membayar orang untuk mengajar tapi kau tak bisa membayar mereka untuk peduli
________________________________________
Salah satu hal yang bisa dilakukan seorang Guru adalah mengirim pulang seorang murid di siang hari dalam keadaan menyukai diri mereka sedikit lebih daripada ketika ia datang di pagi hari
________________________________________
Anak-anak adalah sumber alam kita yang paling berharga
________________________________________
Setiap murid bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama atau dengan cara yang sama
________________________________________
Jika kau harus berteriak, lakukanlah untuk membangkitkan semangat seseorang
Rahsia pendidikan adalah menghormati sang murid
________________________________________
Mengajari anak-anak menghitung memang bagus, tapi yang terbaik adalah mengajari mereka apa yang perlu diperhitungkan
________________________________________
Yang hebat di dunia ini bukanlah tempat di mana kita berada
Melainkan arah yang kita tuju
________________________________________
Arah yang diberikan pendidikan adalah untuk mengawal hidup seseorang yang akan menentukan masa depannya
________________________________________
Murid yang dipersenjatai dengan informasi, akan selalu memenangkan pertempuran
________________________________________
Seorang Guru
Menggandeng tangan, Membuka fikiran
Menyentuh hati, Membentuk masa depan
Seorang Guru berpengaruh selamanya
Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir
________________________________________
Kebajikan atau pengetahuan saja takkan cukup sebagai modal menjadi Guru
Anugerah mengajar adalah bakat yang khas dan melibatkan keperluan
Serta hasrat dalam diri sang Guru sendiri.
________________________________________
Salah satu tanda seorang pendidik yang hebat adalah kemampuan memimpin murid-murid menjelajahi tempat-tempat baru yang bahkan belum pernah didatangi sang pendidik
________________________________________
Mengajar bererti belajar lagi
________________________________________
Guru biasa memberitahukan
Guru baik menjelaskan
Guru ulung memeragakan
Guru hebat mengilhamkan
________________________________________
Aku menyentuh masa depan. Aku mengajar
________________________________________
Kita tidak selalu bisa membangun masa depan bagi generasi muda, tapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depan.
________________________________________
Kita tidak bisa mengajari orang apapun
Kita hanya bisa membantu mereka menemukannya di dalam diri mereka
________________________________________
Jika kau memberitahu mereka, Mereka hanya akan melihat gerakan bibirmu
Jika kau menunjukan kepada mereka, Mereka akan tergoda untuk melakukannya sendiri
________________________________________
Yang penting bukan bagaimana caramu hidup, Tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu
Seorang majikan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu, Tapi seorang Guru membangkitkan pengharapanmu sendiri
________________________________________
Seni mengajar dalah seni membantu penemuan
________________________________________
Aku bukan seorang Guru tapi seorang pembangkit
________________________________________
Tujuan mengajar adalah untuk membuat anak bisa maju tanpa Gurunya
__________________________
Jangan pernah meragukan keberhasilan
Sekelompok kecil orang yang bertekad mengubah dunia
Kerana hanya kelompok seperti itulah yang pernah berhasil melakukannya
__________________________
Setiap orang berbakat di bidang tertentu
Kita hanya harus menemukan apa bakatnya
________________________________________
Aku bukan seoarang Guru hanya sesama musafir yang kau tanyai arah
Aku menujuk ke arah depan—kedepan diriku sendiri dan ke depan dirimu
No comments:
Post a Comment